Laman

FUNGSI DAN PERANAN GURU


FUNGSI DAN PERANAN GURU

1.      peranan guru
Sehubungan dengan fungsinya sebagai pengajar,pendidik dan pembimbing
Maka diperlukan adanya berbagai peranan pada diri guru.Peranan guru ini akan senantiasa menggambarkan pola tingkah laku yang diharapkan dalam berbagai interaksinya,baik dengan siswa yang utama sesama guru,maupun dengan staf yang lain.
            Mengenai apa peranan guru itu ada beberapa pendapat yang dikutip oleh Sardiman A.M diantaranya :

1.      Prey Katz menggambarkan peranan guru sebagai komunikator sahabat yang dapat memberikan nasehat-nasehat,motivator sebagai pemberi inspirasi dan dorongan,pembimbing dalam pengembangan sikap dan tingkah laku serta nilai-nilai,orang yang menguasai bahan yang diajarkan.
2.      James W.Brown,mengemukakan bahwa tugas dan peranan guru antara lain :menguasai dan mengembangkan materi pelajaran,merencanakan dan mempersiapkan pelajaran sehari-hari,mengontrol dan mengevaluasi kegiatan siswa.
3.       Federasi dan Organisasi Propesional Guru Sedunia,mengungkapkan bahwa peranan guru disekolah,tidak  hanya  sebagai  transmiter  dari  ide  tetapi juga
 berperan sebagai traspomer dan katalisator dari nilai dan sikap.1
Dari beberapa pendapat diatas maka secara rinci peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar,secara singkat dapat disebut sebagai berikut :
1. Informator
2. Organisator
3. Motivator
4. Pengarah
5. Inisiator
6. Transmiter
7. Fasilitator
8. Mediator
9. Evaluator.2

ad 1. Informator
            Sebagai pelaksana cara mengajar informatif,laboratorium,studi lapangan dan sumber informasi kegiatan akademik maupun umum.
ad 2. Organisator
            Guru sebagai organisator, pengelola kegiatan akademik, silabus, workshop, jadwal pelajaran dan lain-lain.
ad 3. Motivator
            Peran guru sebagai motivator ini penting artinya dalam rangka meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar siswa.Guru harus dapat merangsang dan memberikan dorongan serta mendinamisasikan potensi siswa.
ad 4. Pengarah / direktor
            Jiwa kepemimpinan guru dalam peranan ini lebih menonjol.Guru hal ini harus dapat membimbing dan mengarahkan kegiatan belajar siswa sesuai dengan tujuan yang di cita-citakan.
ad 5. Inisiator
            Guru dalam hal ini sebagai pencetus ide-ide dalam proses belajar.
ad 6. Transmiter
            Dalam kegiatan belajar,guru juga akan bertindak selaku penyebar kebijaksanaan pendidikan dan pengetahuan.
ad 7. Fasilitator
            Berperan sebagai fasilitataor,guru dalam hal ini akan memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar mengajar,misalkan saja dalam menciptakan suasana kegiatan siswa yang sedemikian rupa,sehingga interaksi belajar mengajar akan berlangsung secara efektif.
ad 8. Mediator
            Guru sebagai mediator dapat diartikan sebagai penengah dalam kegiatan belajar siswa.
ad 9. Evaluator
            Ada kecenderungan bahwa peran sebagi evaluator,guru mempunyai otoritas untuk menilai prestasi anak didik dalam bidang akademis maupun tingkah laku sosialnya,sehingga dapat menentukan bagaimana anak didiknya berhasil atau tidak.
            Berdasarkan  beberapa  pendapat  dan   pengertian  diatas  dapat  disimpulkan
bahwa betapa pentingnya peranan guru dalam proses belajar mengajar demi terciptanya suasana belajar yang efektif dan efisien.



1 Sardiman A.M,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,PT.Rajawali Grafindo Persada,Jakarta, 2003, hlm 143-144.

2   Ibid,  hlm.142





untuk melengkapi perpustakaan makalah silahkan klik download dibawah ini
semoga bermanfaat