Laman

PENDIDIKAN MENURUT PENDAPAT PARA AHLI


PENDIDIKAN MENURUT PENDAPAT PARA AHLI


1. Mortimer J. Adier mengartikan: pendidikan adalah proses dengan mana semua kemampuan manusia (bakat dan kemampuan yang diperoleh) yang dapat dipengaruhi oleh pembiasaan, disempumakan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik melalui sarana yang secara artistik dibuat dan dipakai oleh siapa pun untuk membantu orang lain atau dirinya sendiri mencapai tujuan yang ditetapkan, yaitu kebiasaan yang baik.[1] Definisi di atas dapat dibuktikan kebenarannya oleh filsafat pendidikan, terutama yang menyangkut permasalahan hidup manusia, dengan kemampuan-kemampuan asli dan yang diperoleh atau tentang bagaimana proses mempengaruhi perkembangannya harus dilakukan. Akan tetapi, yang jelas ialah bahwa mendefinisikan problem filsafat pendidikan tidak akan dapat dilakukan bilamana tidak dapat mendefinisikan arti pendidikan itu sendiri. Suatu pandangan atau pengertian tentang hal-hal yang berkaitan dengan objek pembahasan adalah menjadi pola dasar yang memberi corak berpikir ahli pikir yang bersangkutan. Bahkan arahnya pun dapat dikenali juga.

baca selengkapnya