Untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar
peserta didik dapat dilakukan beragam teknik, baik berhubungan dengan proses
belajar maupun hasil belajar. Teknik mengumpulkan informasi tersebut pada
prinsipnya adalah cara penilaian kemajuan belajar peserta didik terhadap
pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Penilaian statu kompetensi
dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil relajar, baik
berupa domain kognitif, afektif, maupun psikomotor. Ada tujuh teknik yang dapat
digunakan, yaitu penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian tertulis,
penilaian proyek, penilaian produk, penggunaan portofolio, dan penilaian
diri.
A. TEKNIK – TEKNIK PENILAIAN .
a. Pengertian
Penilaian unjuk kerja
merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan
sesuatu. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi
yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu seperti: praktek
di laboratorium, praktek sholat, praktek olahraga, bermain peran, memainkan
alat musik, bernyanyi, membaca puisi/ deklamasi dll.
Penilaian unjuk
kerja perlu mempertimbangkan hal-hal berikut:
· langkah-langkah kinerja yang diharapkan dilakukan peserta didik
untuk menunjukkan kinerja dari suatu kompetensi.
· Kelengkapan dan ketepatan aspek yang akan dinilai dalam kinerja
tersebut.
· kemampuan-kemampuan khusus yang diperlukan untuk menyelesai-kan
tugas.
· Upayakan kemampuan yang akan dinilai tidak terlalu banyak, sehingga
semua dapat diamati.
· kemampuan yang akan dinilai diurutkan berdasarkan urutan
pengamatan.
b. Teknik Penilaian
Unjuk Kerja
Pengamatan unjuk kerja perlu dilakukan dalam berbagai
konteks untuk menetapkan tingkat
pencapaian kemampuan tertentu. Untuk menilai kemampuan lompat jauh peserta
didik, misalnya dilakukan pengamatan
atau observasi yang beragam, seperti: teknik mengambil awalan, teknik tumpuan,
sikap/posisi tubuh saat di udara, teknik mendarat. Dengan demikian, gambaran
kemampuan peserta didik akan lebih utuh. Untuk mengamati unjuk kerja peserta
didik dapat menggunakan alat atau instrumen berikut:
a). Daftar Cek (Check-list)
Penilaian unjuk kerja dapat dilakukan dengan
menggunakan daftar cek (ya-tidak).
Penilaian unjuk kerja yang menggunakan daftar cek, peserta didik mendapat nilai
bila kriteria penguasaan kompetensi tertentu dapat diamati oleh penilai. Jika tidak dapat diamati, peserta didik tidak
memperoleh nilai. Kelemahan cara ini adalah penilai hanya mempunyai dua pilihan
mutlak, misalnya benar-salah, dapat diamati-tidak dapat diamati. Dengan
demikian tidak terdapat nilai tengah, namun daftar cek lebih praktis digunakan
mengamati subjek dalam jumlah besar. Berikut contoh daftar cek.
Contoh checklists
Penilaian Lompat
Jauh Gaya
Menggantung
(Menggunakan Daftar Tanda Cek)
Nama
peserta didik: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Baik
|
Tidak
baik
|
1.
|
Teknik awalan
|
|
|
2.
|
Teknik tumpuan
|
|
|
3.
|
Sikap/posisi tubuh saat di udara
|
|
|
4.
|
Teknik mendarat
|
|
|
Skor
yang dicapai
|
|
|
|
Skor
maksimum
|
|
|
b). Skala
Penilaian
(Rating Scale)
Penilaian
unjuk kerja yang menggunakan skala penilaian memungkinkan penilai memberi nilai
tengah terhadap penguasaan kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara
kontinum di mana pilihan kategori nilai lebih dari dua. Skala penilaian
terentang dari tidak sempurna sampai sangat sempurna. Misalnya: 1 = tidak
kompeten, 2 = cukup kompeten, 3 =
kompeten dan 4 = sangat kompeten.
Berikut contoh skala penilaian.
Contoh
rating scales
Penilaian
Lompat Jauh Gaya Menggantung
(Menggunakan
Skala Penilaian)
Nama Siswa: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
|
Teknik awalan
|
|
|
|
|
|
2.
|
Teknik tumpuan
|
|
|
|
|
|
3.
|
Sikap/posisi tubuh saat di udara
|
|
|
|
|
|
4.
|
Teknik mendarat
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
||
Skor
Maksimum
|
16
|
|||||
Keterangan penilaian:
1
= tidak kompeten
2
= cukup kompeten
3
= kompeten
4
= sangat kompeten
Jika
seorang siswa memperoleh skor 16 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan
seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : II
/ 1
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek
|
Tehnik
penilaian
|
1
|
Menggunakan
pengukuran waktu , panjang , dan berat dalam pemecahan masalah.
|
Menggunakan
alat ukur tidak baku dan baku (cm ,m) yang sering digunakan
|
·
Siswa
menyebutkan macam-macam alat ukur panjang tidak baku dalam kehidupan sehari –
hari ( jengkal , depa , langkah kaki dll).
·
Siswa
dapat menggunakan alat ukur tidak baku ( jengkal , depa , pecak (panjang
telapak kaki) langkah kaki dll)
·
Siswa
menyebutkan alat ukur baku (cm , m )
yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari- hari .
·
Siswa
dapat menggunakan alat ukur baku Siswa dapat menggunakan alat ukur baku .
·
Siswa
dapat menarik kesimpulan bahwa pengukuran dengan alat ukur tudak baku
hasilnya berbeda.
|
Geometri
dan pengukuran
|
·
Penilaian
Kinerja
·
Test
tertulis
|
Contoh
Penilaian Kinerja
Jenis
tugas : Catatlah hasil kerja
pada laporan hasil kerja
Lakukan kegiatan di
bawah ini secara individu .
1. Ukurlah panjang mejamu
dengan jengkal!
2. Ukurlah lebar mejamu
dengan jengkal!
3. Ukurlah panjang buku
matematika dengan penggaris!
4. Ukurlah lebar buku
matematika dengan penggaris!
5. Ukurlah
lebar mejamu dengan penggaris!
Contoh Format Penilaian
Kinerja
Nama siswa
|
Nomor Soal …
|
Hasil akhir
|
|||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
Adi
|
8
|
8
|
9
|
10
|
10
|
|
45 : 5 = 9
|
Berti
|
7
|
8
|
10
|
8
|
8
|
|
41 : 5 = 8,2
|
Candra
|
6
|
7
|
8
|
8
|
8
|
|
37 : 5 = 7,4
|
Dini
|
4
|
5
|
7
|
5
|
4
|
|
25 : 5 = 5
|
Catatan :
Rentang nilai : 0 – 10 (Kriteria Ketuntasan Minimal 60)
Keterangan :
·
Berdasarkan
hasil penilaian di atas Adi , Budi , dan Candra dapat dinyatakan telah mencapai
Ketuntasan , sehingga dapat melanjutkan ke KD berikutnya.
·
Berdasarkan
hasil penilaian di atas Danu belum dapat mencapai Ketuntasan , sehingga harus
diberikan remedial untuk mencapai batas minimal ketuntasan.
Mata Pelajaran : Seni dan Budaya (Seni Musik)
Kelas/Semester : IV/1
No.
|
Standar 1ompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Aspek
|
Teknik Penilaian
|
1.
|
Mengekspresi diri melalui karya seni musik.
|
Menyiapkan permainan alat
musik ritmis
|
Mendemonstrasikan bermain
alat musik ritmis dengan teknik yang benar.
|
Seni Musik
|
Unjuk Kerja
Sikap
|
Mendemonstrasikan
bermain alat musik ritmis campuran.
|
|
|
|||
Mendemonstrasikan bernyanyi
dan bermain alat musik ritmis.
|
|
|
Penilaian
Unjuk Kerja.
A. Soal.
1. Mainkanlah
salah satu alat musik ritmis dengan teknik yang benar.
B. Bentuk
Penilaian Unjuk Kerja
Permainan
alat musik ritmis.
No.
|
Nama Siswa
|
Penampilan
|
Teknik bermain alat musik
|
Harmoni
|
Score
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
Yuri MR
|
|
|
●
|
|
|
●
|
|
|
●
|
90
|
100
|
2
|
Refi MR
|
|
●
|
|
|
●
|
|
|
|
●
|
70
|
77
|
3
|
Yundi AM
|
|
|
●
|
|
|
●
|
|
●
|
|
80
|
88
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian.
Score Maksimum = 90
Konversi Nilai:
Score Yang didapat
X 100 =
............
Score Maksimum
Kriteria Dalam Penilaian.
Penampilan.
3. Penampilan sempurna.
2. Penampilan baik, tetapi masih kaku, kurang luwes.
1. Penampilan tidak sempurna,
sering membelakangi penonton.
Teknik Bermain alat musik
ritmis.
3. Teknik bermain alat musik
sempurna.
2. Bermain alat musik dengan teknik sempurna, tetapi masih ada yang
kurang sempurna.
1. Bermain alat musik dengan teknik tidak sempurna.
Harmoni/Aransemen.
3. Keserasian nada dengan teknik permainan alat musik sempurna.
2. Keserasian nada dengan teknik permainan alat musik ritmis masih ada
yang kurang sempurna.
1. Keserasian nada dan permainan alat musik ritmis kurang sempurna.
Penilaian
Unjuk Kerja.
A. Soal.
2. Mainkanlah
alat musik ritmis campuran dengan teknik
yang benar.
B. Bentuk
Penilaian Unjuk Kerja
Permainan
alat musik ritmis campuran.
No.
|
Nama Siswa
|
Penampilan
|
Teknik bermain alat musik
|
Harmoni
|
Score
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
Yuri MR
|
|
|
●
|
|
|
●
|
|
|
●
|
90
|
100
|
2
|
Refi MR
|
|
●
|
|
|
●
|
|
|
|
●
|
70
|
77
|
3
|
Yundi AM
|
|
|
●
|
|
|
●
|
|
●
|
|
80
|
88
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian.
Score Maksimum = 90
Konversi Nilai:
Score Yang didapat
X 100 =
............
Score Maksimum
Kriteria Dalam Penilaian.
Penampilan.
3. Penampilan sempurna.
2. Penampilan baik, tetapi masih
kaku, kurang luwes.
1. Penampilan tidak sempurna, sering membelakangi penonton.
Teknik Bermain alat musik ritmis.
3. Teknik bermain alat musik
ritmis campuran sempurna.
2. Bermain alat musik ritmis campuran dengan teknik sempurna, tetapi
masih ada yang kurang sempurna.
1. Bermain alat musik ritmis campuran dengan teknik tidak sempurna.
Harmoni.
3. Keserasian nada dengan teknik permainan alat musik ritmis campuran
sempurna.
2. Keserasian nada dengan teknik permainan alat musik ritmis campuran
masih ada yang kurang sempurna.
1. Keserasian nada dan permainan alat musik ritmis campuran kurang sempurna.
Penilaian
Unjuk Kerja.
A. Soal.
3. Nyanyikanlah
salah lagu pilihan dengan iringan alat musik ritmis.
B. Bentuk
Penilaian Unjuk Kerja
Bernyanyi
dan bermain alat musik ritmis.
No.
|
Nama Siswa
|
Penampilan
|
Teknik bernyanyi dan bermain alat musik
|
Harmoni
|
Score
|
Nilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
Yuri MR
|
|
|
●
|
|
|
●
|
|
|
●
|
90
|
100
|
2
|
Refi MR
|
|
●
|
|
|
●
|
|
|
|
●
|
70
|
77
|
3
|
Yundi AM
|
|
|
●
|
|
|
●
|
|
●
|
|
80
|
88
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian.
Score Maksimum = 90
Konversi Nilai:
Score Yang didapat
X 100 =
............
Score Maksimum
riteria Dalam Penilaian.
Penampilan.
3. Penampilan sempurna.
2. Penampilan baik, tetapi masih
kaku, kurang luwes.
1. Penampilan tidak sempurna, sering membelakangi penonton.
Teknik bernyanyi dan bermain alat musik ritmis.
3. Teknik bernyanyi dengan iringan alat musik ritmis sempurna.
2. Teknik bernyanyi dengan iringan alat musik ritmis masih ada yang kurang sempurna.
1. Teknik bernyanyi dengan iringan alat musik kurang sempurna.
Harmoni.
3. Keserasian nada dengan teknik permainan alat musik ritmis sempurna.
2. Keserasian nada dengan teknik permainan alat musik ritmis masih ada yang kurang sempurna.
1. Keserasian nada dan permainan alat musik ritmis kurang sempurna.
2. Penilaian Sikap
a. Pengertian
Sikap bermula dari perasaan (suka atau tidak suka) yang
terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap
juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai
atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk,
sehingga terjadinya perilaku atau tindakan yang diinginkan.
Sikap terdiri dari tiga komponen, yakni: afektif,
kognitif, dan konatif. Komponen afektif adalah perasaan yang dimiliki oleh
seseorang atau penilaiannya terhadap sesuatu objek. Komponen kognitif adalah
kepercayaan atau keyakinan seseorang mengenai objek. Adapun komponen konatif
adalah kecenderungan untuk berperilaku atau berbuat dengan cara-cara tertentu
berkenaan dengan kehadiran objek sikap.
Secara umum, objek sikap yang perlu dinilai dalam proses
pembelajaran berbagai mata pelajaran adalah sebagai berikut.
· Sikap terhadap materi
pelajaran. Peserta didik perlu memiliki sikap positif terhadap mata
pelajaran. Dengan sikap`positif dalam diri peserta didik akan tumbuh dan
berkembang minat belajar, akan lebih mudah diberi motivasi, dan akan lebih
mudah menyerap materi pelajaran yang diajarkan.
· Sikap terhadap
guru/pengajar. Peserta didik perlu memiliki sikap positif terhadap guru.
Peserta didik yang tidak memiliki sikap positif terhadap guru akan cenderung
mengabaikan hal-hal yang diajarkan. Dengan demikian, peserta didik yang
memiliki sikap negatif terhadap guru/pengajar akan sukar menyerap materi
pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut.
· Sikap terhadap proses
pembelajaran. Peserta didik juga perlu memiliki sikap positif terhadap
proses pembelajaran yang berlangsung.
Proses pembelajaran mencakup suasana pembelajaran, strategi, metodologi,
dan teknik pembelajaran yang digunakan. Proses pembelajaran yang menarik,
nyaman dan menyenangkan dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik,
sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.
· Sikap berkaitan dengan
nilai atau norma yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran. Misalnya
kasus atau masalah lingkungan hidup,
berkaitan dengan materi Biologi atau Geografi. Peserta didik juga perlu
memiliki sikap yang tepat, yang dilandasi oleh nilai-nilai positif terhadap
kasus lingkungan tertentu (kegiatan
pelestarian/kasus perusakan lingkungan hidup). Misalnya, peserta didik memiliki
sikap positif terhadap program perlindungan satwa liar. Dalam kasus yang lain,
peserta didik memiliki sikap negatif terhadap kegiatan ekspor kayu glondongan
ke luar negeri.
b. Teknik Penilaian
Sikap
Penilaian sikap dapat dilakukan
dengan beberapa cara atau teknik. Teknik-teknik tersebut antara lain: observasi
perilaku, pertanyaan langsung, dan laporan pribadi. Teknik-teknik tersebut
secara ringkas dapat diuraikan sebagai berikut.
a). Observasi
perilaku
Perilaku seseorang pada umumnya menunjukkan kecenderungan
seseorang dalam sesuatu hal. Misalnya orang yang biasa minum kopi dapat
dipahami sebagai kecenderungannya yang senang kepada kopi. Oleh karena itu,
guru dapat melakukan observasi terhadap peserta didik yang dibinanya. Hasil
observasi dapat dijadikan sebagai umpan balik
dalam pembinaan.
Observasi perilaku
di sekolah dapat dilakukan dengan menggunakan buku catatan khusus tentang
kejadian-kejadian berkaitan dengan peserta didik selama di sekolah. Berikut contoh format
buku catatan harian.
Contoh halaman sampul Buku Catatan Harian:
|
Contoh isi Buku Catatan Harian :
No.
|
Hari/ Tanggal
|
Nama peserta didik
|
Kejadian
|
Tindak Lanjut
|
1
2
|
Rabu ,
2 Mei 2006
Sabtu,
23 Mei 2006
|
Banu
dan Andra
Rahmawati
|
Keduanya bertengkar akibat dari kurangnya
saling menjaga emosi saat bermain bola.
Menolong murid
Kelas I yang terjatuh dan
terluka pada lututnya untuk dibawa ke Ruang UKS.
|
Didamaikah dan masing –
masing menyadari kesalahannya .
|
Kolom kejadian diisi dengan kejadian positif maupun negatif. Catatan dalam
lembaran buku tersebut, selain bermanfaat untuk
merekam dan menilai perilaku peserta didik sangat bermanfaat pula untuk
menilai sikap peserta didik serta dapat menjadi bahan dalam penilaian
perkembangan peserta didik secara keseluruhan.
Selain itu, dalam observasi perilaku dapat juga digunakan daftar cek yang
memuat perilaku-perilaku tertentu yang diharapkan muncul dari peserta didik
pada umumnya atau dalam keadaan tertentu. Berikut contoh format Penilaian
Sikap.
Contoh Format Penilaian Sikap dalam praktek IPA :
No.
|
Nama
|
Perilaku
|
Nilai
|
Keterangan
|
|||
|
|
Bekerja sama
|
Berini-siatif
|
Penuh Perhatian
|
Bekerja sistematis
|
|
|
1.
|
Ruri
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tono
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
....
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
....
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
a.
Kolom perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan
kriteria berikut.
1 = sangat
kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat
baik
b.Nilai merupakan jumlah
dari skor-skor tiap indikator perilaku
c. Keterangan
diisi dengan kriteria berikut
1). Nilai 18-20 berarti
amat baik
2). Nilai 14-17 berarti
baik
3). Nilai 10-13 berarti
sedang
4). Nilai 6-9 berarti
kurang
5). Nilai 0-5 berarti
sangat kurang
Contoh Penilaian Sikap:
Mata pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IV / 2
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Aspek
|
Penilaian
|
1
|
Menunjukkan sikap terhadap
globalisasi yeng terjadi di lingkungannya
|
Menentukan sikap pengaruh
globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
|
1. Menjelaskan
pengertian globalisasi
2. Mendeskripsikan sikap – sikap yang sesuai
dengan kepribadian Indonesiaa.
3. Menyebutkan
contoh pengaruh positif dari
globalisasi .
4. Menyebutkan contoh pengaruh negatif dari
globalisasi.
5. Menunjukkan sikap dan perilaku yang sesuai
dengan kepribadian Indonesia
|
Penerapan
|
Tetulis
Pengamatan -sikap .
|
Contoh
Format Pengamatan Sikap .
No.
|
Aspek
Yang Diamati
|
|
S
|
K
|
O
|
R
|
|
|
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
Jumlah
|
1
|
Memilih model pakaian
|
…….
|
……..
|
…….
|
…….
|
…….
|
…….
|
3
|
Menonton acara TV kesukaannya
.
|
…….
|
……..
|
…….
|
…….
|
…….
|
…….
|
4
|
Kebiasaan/Sikap terhadap
orang tua ketika akan berangkat ke sekolah dan pulang sekolah .
|
…….
|
……..
|
…….
|
…….
|
…….
|
…….
|
5
|
Turur kata dalam kehidupan sehari
– hari .
|
…….
|
……..
|
…….
|
…….
|
…….
|
…….
|
|
Jumlah
Nilai
|
…….
|
……..
|
…….
|
…….
|
…….
|
…….
|
|
Nilai
Rata rata
|
…….
|
……..
|
…….
|
…….
|
…….
|
…….
|
Keterangan
Skor :
A ( 91 – 100 ) = Selalu bersikap sesuai
dengan kepribadian Indonesia
B ( 81 –
90 ) =
Kadang – kadang bersikap sesuai dengan
kepribadian Indonesia .
C ( 71 –
80 ) = Jarang
sekali bersikap sesuai dengan kepribadian Indonesia .
D (61 –
70 ) = Tidak
pernah bersikap sesuai dengan kepribadian Indonesia .
E ( 51 –
60 ) = Sikap
dan perilakunya tidak sopan
Mata Pelajaran : Seni dan Budaya (Seni Musik)
Kelas/Semester : IV/1
No.
|
Standar 1ompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Aspek
|
Teknik Penilaian
|
1.
|
Mengekspresi
diri melalui karya seni musik.
|
Menyiapkan permainan alat musik ritmis
|
Mendemonstrasikan bermain alat musik ritmis dengan
teknik yang benar.
|
Seni Musik
|
Unjuk Kerja
Sikap
|
Mendemonstrasikan bermain alat musik ritmis campuran.
|
|
|
|||
Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik ritmis.
|
|
|
No.
|
N a m a
|
Perilaku
|
Score
|
NIlai
|
Keterangan
|
||||
Kedisiplinan
|
Tanggung Jawab
|
Berinisiatif
|
Kerjasama
|
Penuh Perhatian
|
|||||
1
|
Yuri MR
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
25
|
100
|
Sangat Baik
|
2
|
Refi MR
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
23
|
92
|
Sangat Baik
|
3
|
Yundi AM
|
5
|
5
|
4
|
4
|
4
|
22
|
88
|
Baik
|
4
|
Herlambang
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
11
|
44
|
Kurang
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan.
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = Cukup
4 = baik
5 = amat baik
Score maksimum =
25.
Konversi Nilai : Score Yang didapat X
100 = N
Score Maksimum
Keterangan
diisi dengan kriteria.
1.
Nilai = 10 – 29. Sangat Kurang
2.
Nilai = 30 – 49. Kurang
3.
Nilai = 50 – 69. Cukup
4.
Nilai = 70 – 89. Baik
5.
Nilai = 90 – 100. Sangat Baik.
b). Pertanyaan
langsung
Kita juga dapat menanyakan secara langsung tentang sikap
seseorang berkaitan dengan sesuatu hal. Misalnya, bagaimana tanggapan peserta
didik tentang kebijakan yang baru diberlakukan di sekolah mengenai
"Peningkatan Ketertiban".
Berdasarkan jawaban dan reaksi lain yang tampil dalam
memberi jawaban dapat dipahami sikap peserta didik itu terhadap objek sikap.
Dalam penilaian sikap peserta didik di sekolah, guru juga dapat menggunakan
teknik ini dalam menilai sikap dan membina peserta didik.
Contoh :Guru melemparkan pertanyaan kepada murid – murid
, “Apa yang harus kalian lakukan untuk menjaga ketertiban kelas kita ? “
Dari pertanyaan tersebut masing – masing peserta didik
akan memberikan jawaban yang berwariasi baik dari segi jumlah maupun kualitas
jawabannya .
Contoh penilaiannya :
1. Jika jawabannya lebih dari 5 dan berbobot diberi nilai
81-100
2. Jika jawabannya 3-4 diberi nilai 71 – 80
3. Jika jawabannya 2 – 3 diberi nilai 50 – 70
4. Jika tidak menjawab sama sekali diberi nilai 0
c). Laporan pribadi
Melalui penggunaan teknik ini di sekolah, peserta didik
diminta membuat ulasan yang berisi pandangan atau tanggapannya tentang suatu
masalah, keadaan, atau hal yang menjadi objek sikap. Misalnya, peserta didik
diminta menulis pandangannya tentang "Kerusuhan Antaretnis" yang
terjadi akhir-akhir ini di Indonesia. Dari ulasan yang dibuat oleh peserta
didik tersebut dapat dibaca dan dipahami kecenderungan sikap yang
dimilikinya.
a. Pengertian
Penilaian secara tertulis dilakukan dengan tes tertulis.
Tes Tertulis merupakan tes dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada
peserta didik dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal peserta didik tidak
selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk
yang lain seperti memberi tanda, mewarnai, menggambar dan lain sebagainya.
b. Teknik Penilaian
Ada dua bentuk soal
tes tertulis, yaitu:
a). Soal dengan
memilih jawaban
· pilihan ganda
· dua pilihan (benar-salah, ya-tidak)
· menjodohkan
b). Soal dengan
mensuplai-jawaban.
· isian singkat atau melengkapi
· uraian terbatas
· uraian obyektif / non obyektif
· uraian terstruktur / nonterstruktur .
Dari berbagai alat penilaian tertulis, tes memilih
jawaban benar-salah, isian singkat, dan
menjodohkan merupakan alat yang hanya menilai kemampuan berpikir rendah, yaitu kemampuan mengingat (pengetahuan).
Tes pilihan ganda dapat digunakan untuk menilai kemampuan mengingat dan
memahami. Pilihan ganda mempunyai kelemahan, yaitu peserta didik tidak
mengembangkan sendiri jawabannya tetapi cenderung hanya memilih jawaban yang
benar dan jika peserta didik tidak mengetahui jawaban yang benar, maka peserta
didik akan menerka. Hal ini menimbulkan kecenderungan peserta didik tidak
belajar untuk memahami pelajaran tetapi menghafalkan soal dan jawabannya.
Selain itu pilihan ganda kurang mampu memberikan informasi yang cukup untuk
dijadikan umpan balik guna mendiagnosis atau memodifikasi pengalaman belajar.
Karena itu kurang dianjurkan pemakaiannya dalam penilaian kelas.
Tes tertulis bentuk uraian adalah alat penilaian yang
menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan
gagasannya atau hal-hal yang sudah dipelajari. Peserta didik mengemukakan atau
mengekspresikan gagasan tersebut dalam bentuk uraian tertulis dengan
menggunakan kata-katanya sendiri. Alat ini dapat menilai berbagai jenis kompetensi,
misalnya mengemukakan pendapat, berpikir logis, dan menyimpulkan. Kelemahan alat ini antara
lain cakupan materi yang ditanyakan terbatas.
Dalam menyusun instrumen penilaian tertulis perlu
dipertimbangkan hal-hal berikut.
· materi, misalnya kesesuian soal dengan kompetensi dasar dan indikator
pencapaian pada kurikulum tingkat satuan pendidikan;
· konstruksi, misalnya rumusan soal atau pertanyaan harus jelas dan
tegas.
· bahasa, misalnya rumusan soal tidak menggunakan kata/ kalimat
yang menimbulkan penafsiran ganda.
· kaidah penulisan , harus berpedoman pada kaidah penulisan soal
yang baku dari berbagai bentuk soal penilaian .
Contoh Penilaian Tertulis:
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : II / 1
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek
|
Tehnik
penilaian
|
1
|
Menggunakan pengukuran waktu
, panjang , dan berat dalam pemecahan masalah.
|
Menggunakan alat ukur tidak
baku dan baku (cm ,m) yang sering digunakan
|
·
Siswa
menyebutkan macam-macam alat ukur panjang tidak baku dalam kehidupan sehari –
hari ( jengkal , depa , langkah kaki dll).
·
Siswa
dapat menggunakan alat ukur tidak baku ( jengkal , depa , pecak (panjang
telapak kaki) langkah kaki dll)
·
Siswa
menyebutkan alat ukur baku (cm , m )
yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari- hari .
·
Siswa
dapat menggunakan alat ukur baku Siswa dapat menggunakan alat ukur baku .
·
Siswa
dapat menarik kesimpulan bahwa pengukuran dengan alat ukur tudak baku
hasilnya berbeda.
|
Geometri dan pengukuran
|
·
Penilaian
Kinerja
·
Test
tertulis
Contoh alat penilaian terlampir .
|
I. Bentuk Piliahan Ganda
Berilah tanda silang pada huruf di depan jawaban
yang paling tepat ! Skor : Setiap jawaban benar diberi nilai 1 .
1. Yang termasuk alat ukur
tidak baku yaitu ….
a. meter b.centimeter c.jengkal
2. Yang termasuk alat ukur
baku ialah ….
a. cm b.
depa c.langkah
kaki
I. Bentuk Isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban
yang singkat dan tepat ! Skor :Setiap jawaban benar diberi nilai 2.
1. Satuan panjang
Centimeter dan Meter adalah contoh alat ukur .......
2. Satuan panjang langkah
kaki , depa dan jengkal termasuk alat ukur ….
3. Karena menggunakan alat ukur tidak baku , maka hasil
pengukurannya ….
Penilaian:
Nilai = Banyak jawaban benar

Banyak soal
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV / 2
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek
|
Tehnik
penilaian
|
1
|
Menunjukkan
sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
|
Memberi
contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
|
·
Siswa
dapat menjelaskan pengertian globalisasi.
·
Siswa
dapat memberikan salah satu contoh pengaruh positif globalisasi bidang
komunikasi .
·
Siswa
dapat memberikan salah satu contoh pengaruh negatif globalisasi bidang
kebudayaan .
|
Globalisasi
|
·
Test
tertulis
·
Pengamatan
sikap
Contoh alat penilaian terlampir .
|
Contoh
Penilaian Tertulis
I. Isilah titik – titik pada soal di bawah ini dengan jawaban singkat
dan tepat !
1. Pengaruh positif
globalisasi di bidang komunikasi di lingkugan masyarakat misalnya ….
2. Kecenderungan masyarakat
menyukai jenis musik jaz termasuk pengaruh negatif globalisasi bidang ….
3. Terhadap kebudayaan
asing yang masuk ke Indonesia sikap kita seharusnya ….
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Jelaskan yang dimaksud dengan istilah globalisasi !
2. Berikan tanggapan dan
alasan terhadap pernyataan di bawah ini
?
a. Dengan globalisasi
kitta semakin mudah menikmati siaran televisi luar negeri .
b. Karena pengaruh
globalisasi masyarakat cenderung bersikap konsumtif .
Penilaian:
Nilai = Banyak jawaban benar

Banyak soal
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: IV / 1
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek
|
Tehnik
penilaian
|
1
|
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
|
Mendeskripsikan
daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk,
kupu-kupu, kucing.
|
·
Mendeskripsikan
urutan daur hidup hewan, misalnya kupu-kupu, nyamuk dan kecoa secara
sederhana.
·
Menyimpulkan
berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara
yang sama.
·
Menyimpulkan
bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.
·
Menyimpulkan
hasil pengamatan daur hidup hewan yang dipeliharanya *)
|
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
|
· Jenis:
ulangan
· Bentuk:tes
tertulis, penugasan.
|
Contoh Penilaian
A. Penilaian penguasaan
konsep
I. Jawablah dengan singkat dan jelas
1. Urutkan gambar-gambar
berikut ini yang menunjukkan pertumbuhan insekta dengan cara memberi nomor di
bawahnya.
a.
Kupu-kupu
Gbr
daun dan Gbr.Kupu-kupu
hinggapGbr.kepompongGbr.ulat memakan daun


![]() |
![]() |
b.
Kecoa
Gbr. Kecoa kecil Gbr. Telur kecoa Gbr. Kecoa dewasa
![]() |
|||||
![]() |
![]() |
||||
2. Pada tahap apa dalam
daur hidup nyamuk hidup di air?
3. Berapa hari perubahan
dari telur menjadi kupu-kupu?
4. Berapa hari dari ulat
berubah menjadi kepompong dan kepompong menjadi kupu-kupu?
5. Apakah semua hewan
mengalami tahapan daur hidup yang sama?
6. Berilah keterangan pada
daur hidup nyamuk berikut ini.
Gbr.
Jentik-jentik
Gbr.telur nyamuk Gbr. Kepompong
Gbr. Nyamuk
II. Silangilah huruf a, b, c, atau d di depan
jawaban yang paling tepat.
1. Daur
hidup nyamuk memerlukan … tahap.
a. satu c. tiga
b. dua d. empat
2.
Daur hidup kupu-kupu memerlukan
… tahap.
a. satu c. tiga
b. dua d. empat
3. Setelah telur kupu-kupu menetas kemudian
berubah menjadi …
a.
kupu-kupu b.
kepompong
c. ulat d. jentik-jentik
4.
Perubahan bentuk pada hewan menunjukkan
adanya …
a. pertumbuhan b. perkembangbiakan
c. aktivitas
hewan d. persamaan hewan
Penilaian:
Nilai = Banyak jawaban benar

Banyak soal
4. Penilaian
Proyek
a. Pengertian
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap
suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas
tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data,
pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.
Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui
pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan
menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas.
Dalam penilaian proyek setidaknya ada 3 (tiga) hal
yang perlu dipertimbangkan yaitu:
· Kemampuan pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari
informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
· Relevansi
Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan
mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam
pembelajaran.
· Keaslian
Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan
hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta
didik.
b. Teknik Penilaian Proyek
Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan,
proses pengerjaan, sampai hasil akhir proyek. Untuk itu, guru perlu menetapkan
hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyusunan disain, pengumpulan
data, analisis data, dan penyiapkan laporan tertulis. Laporan tugas atau hasil
penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan penilaian
dapat menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun skala
penilaian.
Beberapa contoh kegiatan peserta didik dalam penilaian
proyek:
Tugas : lakukan penelitian sederhana tentang kandungan yudium dalam garam yang
beredar di masyarakat .
Contoh Penilaian Proyek:
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
IV / 1
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek
|
Tehnik
penilaian
|
1
|
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
|
Mendeskripsikan daur hidup
beberapa hewan dilingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu,
kucing.
|
·
Mendeskripsikan
urutan daur hidup hewan, misalnya kupu-kupu, nyamuk dan kecoa secara
sederhana.
·
Menyimpulkan
berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara
yang sama.
·
Menyimpulkan
bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.
·
Menyimpulkan
hasil pengamatan daur hidup hewan yang dipeliharanya *)
|
Makhluk Hidup dan Proses
Kehidupan
|
·
Jenis:
ulangan
·
Bentuk:tes
tertulis, penugasan.
|
Penilaian Kinerja
ilmiah
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
||
B
|
C
|
K
|
|
Keterampilan
1. merencanakan penelitian
|
|
|
|
2. aktivitas pengamatan
|
|
|
|
3. menggambar hasil
pengamatan
|
|
|
|
4. pembuatan catatan hasil
pengamatan
|
|
|
|
5. pelaporan
|
|
|
|
Sikap
|
|
|
|
1. mampu bekerjasama
|
|
|
|
2. sistematis dalam
mengerjakan tugas
|
|
|
|
3. mengerjakan tugas dengan
serius
|
|
|
|
Keterangan:
B: skor 5; C: skor 3; K: skor
1
a. Pengertian
Penilaian produk adalah penilaian terhadap proses
pembuatan dan kualitas suatu produk.
Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat
produk-produk teknologi dan seni, seperti: makanan, pakaian, hasil karya seni
(patung, lukisan, gambar), barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik,
dan logam.
Pengembangan produk meliputi 3 (tiga) tahap dan setiap
tahap perlu diadakan penilaian yaitu:
· Tahap persiapan, meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dan
merencanakan, menggali, dan mengembangkan gagasan, dan mendesain produk.
· Tahap pembuatan produk (proses), meliputi: penilaian kemampuan
peserta didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik.
· Tahap penilaian produk (appraisal), meliputi: penilaian produk
yang dihasilkan peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan.
b. Teknik Penilaian
Produk
Penilaian produk biasanya menggunakan cara holistik atau
analitik.
· Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk,
biasanya dilakukan pada tahap appraisal.
· Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya
dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses
pengembangan.
a. Pengertian
Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan
yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan
peserta didik dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut dapat berupa karya
peserta didik dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik oleh peserta
didik.
Penilaian portofolio pada dasarnya menilai karya-karya
siswa secara individu pada satu periode untuk suatu mata pelajaran. Akhir suatu
priode hasil karya tersebut dikumpulkan dan dinilai oleg guru dan peserta
didik. Berdasarkan informasi perkembangan
tersebut, guru dan peserta didik sendiri dapat menilai perkembangan kemampuan
peserta didik dan terus melakukan perbaikan. Dengan demikian, portofolio
dapat memperlihatkan perkembangan kemajuan belajar peserta didik melalui
karyanya, antara lain: karangan, puisi, surat, komposisi, musik.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan pedoman
dalam penggunaan penilaian portofolio di sekolah, antara lain:
·
Karya siswa adalah benar-benar
karya peserta didik itu sendiri.
Guru melakukan penelitian atas hasil karya peserta didik
yang dijadikan bahan penilaian portofolio agar karya tersebut merupakan hasil
karya yang dibuat oleh peserta didik itu sendiri.
·
Saling percaya antara guru dan peserta didik
Dalam
proses penilaian guru dan peserta didik harus memiliki rasa saling percaya,
saling memerlukan dan saling membantu sehingga terjadi proses pendidikan
berlangsung dengan baik.
· Kerahasiaan bersama antara guru dan peserta didik
Kerahasiaan hasil pengumpulan informasi perkembangan
peserta didik perlu dijaga dengan baik dan tidak disampaikan kepada pihak-pihak
yang tidak berkepentingan sehingga memberi dampak negatif proses pendidikan
· Milik bersama (joint
ownership) antara peserta didik dan guru
Guru dan peserta didik perlu mempunyai rasa memiliki
berkas portofolio sehingga peserta didik akan merasa memiliki karya yang
dikumpulkan dan akhirnya akan berupaya terus meningkatkan kemampuannya.
· Kepuasan
Hasil kerja portofolio sebaiknya berisi keterangan dan
atau bukti yang memberikan dorongan peserta didik untuk lebih meningkatkan
diri.
· Kesesuaian
Hasil kerja yang dikumpulkan adalah hasil kerja yang
sesuai dengan kompetensi yang tercantum dalam kurikulum.
· Penilaian proses dan hasil
Penilaian portofolio menerapkan prinsip proses dan hasil.
Proses belajar yang dinilai misalnya diperoleh dari catatan guru tentang
kinerja dan karya peserta didik.
· Penilaian dan pembelajaran
Penilaian portofolio merupakan hal yang tak terpisahkan
dari proses pembelajaran. Manfaat utama penilaian ini sebagai diagnostik yang
sangat berarti bagi guru untuk melihat kelebihan dan kekurangan peserta didik.
b. Teknik Penilaian
Portofolio
Teknik penilaian portofolio di dalam kelas memerlukan
langkah-langkah sebagai berikut:
· Jelaskan kepada peserta didik bahwa penggunaan portofolio, tidak
hanya merupakan kumpulan hasil kerja peserta didik yang digunakan oleh guru
untuk penilaian, tetapi digunakan juga oleh peserta didik sendiri. Dengan
melihat portofolionya peserta didik dapat mengetahui kemampuan, keterampilan,
dan minatnya. Proses ini tidak akan terjadi secara spontan, tetapi membutuhkan
waktu bagi peserta didik untuk belajar meyakini hasil penilaian mereka sendiri.
· Tentukan bersama peserta didik sampel-sampel portofolio apa saja
yang akan dibuat. Portofolio antara peserta didik yang satu dan yang lain bisa
sama bisa berbeda.
· Kumpulkan dan simpanlah karya-karya tiap peserta didik dalam satu
map atau folder di rumah masing atau loker masing-masing di sekolah.
· Berilah tanggal pembuatan pada setiap bahan informasi perkembangan
peserta didik sehingga dapat terlihat perbedaan kualitas dari waktu ke waktu.
· Tentukan kriteria penilaian sampel portofolio dan bobotnya dengan
para peserta didik. Diskusikan cara penilaian kualitas karya para peserta
didik. Contoh, Kriteria penilaian kemampuan menulis karangan yaitu: penggunaan
tata bahasa, pemilihan kosa-kata, kelengkapan gagasan, dan sistematika penulisan. Dengan demikian,
peserta didik mengetahui harapan (standar) guru dan berusaha mencapai standar
tersebut.
· Minta peserta didik menilai karyanya secara berkesinambungan. Guru
dapat membimbing peserta didik, bagaimana cara menilai dengan memberi
keterangan tentang kelebihan dan kekurangan karya tersebut, serta bagaimana
cara memperbaikinya. Hal ini dapat dilakukan pada saat membahas portofolio.
· Setelah suatu karya dinilai dan nilainya belum memuaskan, maka
peserta didik diberi kesempatan untuk memperbaiki. Namun, antara peserta didik
dan guru perlu dibuat “kontrak” atau perjanjian mengenai jangka waktu
perbaikan, misalnya 2 minggu karya yang telah diperbaiki harus diserahkan
kepada guru.
· Bila perlu, jadwalkan pertemuan untuk membahas portofolio. Jika
perlu, undang orang tua peserta didik dan
diberi penjelasan tentang maksud serta tujuan portofolio, sehingga
orangtua dapat membantu dan memotivasi anaknya.
7. Penilaian Diri (self assessment)
a. Pengertian
Penilaian diri adalah suatu teknik penilaian di mana
peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan
status, proses dan tingkat pencapaian
kompetensi yang dipelajarinya.
Teknik penilaian diri dapat digunakan untuk mengukur
kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor. Penilaian konpetensi kognitif di
kelas, misalnya: peserta didik diminta
untuk menilai penguasaan pengetahuan dan keterampilan berpikirnya sebagai hasil
belajar dari suatu mata pelajaran tertentu. Penilaian dirinya didasarkan atas
kriteria atau acuan yang telah disiapkan. Penilaian kompetensi afektif,
misalnya, peserta didik dapat diminta untuk membuat tulisan yang memuat curahan
perasaannya terhadap suatu objek tertentu. Selanjutnya, peserta didik diminta
untuk melakukan penilaian berdasarkan kriteria atau acuan yang telah disiapkan.
Berkaitan dengan penilaian kompetensi psikomotorik, peserta didik dapat diminta untuk menilai
kecakapan atau keterampilan yang telah dikuasainya berdasarkan kriteria atau
acuan yang telah disiapkan.
Penggunaan teknik ini dapat memberi dampak positif
terhadap perkembangan kepribadian seseorang. Keuntungan penggunaan penilaian
diri di kelas antara lain:
· dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik, karena mereka
diberi kepercayaan untuk menilai dirinya sendiri;
· peserta didik menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya, karena
ketika mereka melakukan penilaian, harus melakukan introspeksi terhadap
kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya;
· dapat mendorong, membiasakan, dan melatih peserta didik untuk
berbuat jujur, karena mereka dituntut untuk jujur dan objektif dalam melakukan
penilaian.
b. Teknik Penilaian
Penilaian diri dilakukan berdasarkan kriteria yang jelas
dan objektif. Oleh karena itu, penilaian diri oleh peserta didik di kelas perlu
dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut.
· Menentukan kompetensi atau aspek kemampuan yang akan dinilai.
· Menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan.
· Merumuskan format penilaian, dapat berupa pedoman penskoran,
daftar tanda cek, atau skala penilaian.
· Meminta peserta didik untuk melakukan penilaian diri.
· Guru mengkaji sampel hasil penilaian secara acak, untuk mendorong
peserta didik supaya senantiasa melakukan penilaian diri secara cermat dan
objektif.
· Menyampaikan umpan balik kepada peserta didik berdasarkan hasil
kajian terhadap sampel hasil penilaian yang diambil secara acak.
Contoh Penilaian Diri .
Mate Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester :
II / 2
Standar Kompetensi :
4.Menampilkan nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi Dasar :
4.1 Mengenal nilai kejujuran , kedisiplinan ,
senang bekerja dalam kehidupan sehari – hari.
Aspek :
Penerapan .
PETUNJUK :
Isilah tabel di bawah ini dengan tanda ceklis (V) pada
kolom yang sesuai
Dengan pernyataan sikapmu terhadap pernyataan pada kolom
sebelumnya.
No
|
Aspek Penilaian/Kriteria
|
Selalu
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
A
|
Kejujuran .
|
|
|
|
1
|
Setiap hari berkata jujur
kepada orang tua .
|
|
|
|
2
|
Mengembalikan uang kembalian
belanja kepada orang tua .
|
|
|
|
3
|
Menyerahkan nilai ulangan di
sekolah walaupun nilainya jelek.
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan alasan yang benar
ketika terlambat masuk kelas
|
|
|
|
B
|
Kedisiplinan
|
|
|
|
1
|
Datang ke sekolah tidak
terlambat
Bahkan lebih awal.
|
|
|
|
2
|
Mengerjakan Tugas / PR sesuai
dengan yang dujadwalkan.
|
|
|
|
3
|
Pulang sekolah langsung bermain
dengan teman sebelum sampai ke rumah.
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan ibadah tepat waktu.
|
|
|
|
Catatan :
Jika siswa memberikan jawaban tidak sesuai dengan
kenyataan sehari-hari dari hasil pengamatan guru di sekolah, berarti siswa
tersebut tingkat kejujurannya kurang .
B. PRINSIP – PRINSIP PENILAIAN KELAS I – III.
Beberapa prinsip penilaian UNTUK Kelas I – III antara lain
:
1.
Prinsip integral dan komprehensif
yakni penilaian dilakukan secara utuh dan menyeluruh terhadap semua aspek
pembelajaran, baik pengetahuan, keterampilan, maupun sikap/nilai.
2.
Prinsip kesinambungan yakni penilaian
dilakukan secara berencana, terus-menerus dan bertahap untuk memperoleh
gambaran tentang perkembangan tingkah laku siswa sebagai hasil dari kegiatan
belajar. Untuk memenuhi prinsip ini, kegiatan penilaian harus sudah
direncanakan bersamaan dengan kegiatan penyusunan program semester dan
dilaksanakan sesuai dengan program yang telah disusun.
3.
Prinsip objektif yakni penilaian dilakukan dengan menggunakan
alat ukur yang handal dan dilaksanakan secara objektif, sehingga dapat
menggambarkan kemampuan yang diukur.
- Mengingat
bahwa peserta didik kelas I SD belum semuanya lancar membaca dan menulis,
maka cara penilaian di kelas I tidak ditekankan pada penilaian
secara tertulis.
- Kemampuan membaca, menulis dan berhitung merupakan kemampuan yang harus dikuasai
oleh peserta didik kelas I - III. Oleh karena itu, penguasaan terhadap ke
tiga kemampuan tersebut adalah prasyarat untuk kenaikan kelas.
- Penilaian
dilakukan dengan mengacu pada indikator-indikator dari masing-masing
kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran.
- Penilaian
pembelajaran tematik mencakup penilaian terhadap proses dan hasil belajar
siswa. Penilaian proses belajar adalah upaya pemberian nilai terhadap
kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa, sedangkan
penilaian hasil belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil
belajar yang dicapai dengan menggunakan kriteria tertentu. Hasil belajar
tersebut pada hakekatnya merupakan kompetensi-kompetensi yang mencakup
aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai. Kompetensi
tersebut dapat dikenali melalui sejumlah indikatornya yang dapat diukur
dan diamati.
8.
Hasil karya/kerja peserta didik dapat
digunakan sebagai bahan masukan guru dalam mengambil keputusan.
Perlu dicatat bahwa satu jenis
penilian tidak dapat mengumpulkan informasi hasil dan kemajuan belajar peserta
didik secara lengkap. Penilaian tunggal tidak cukup untuk memberikan
gambaran/informasi tentang kemampuan, keterampilan, pengetahuan dan sikap
seseorang. Lagi pula, interpretasi hasil tes tidak mutlak dan abadi karena anak terus berkembang sesuai
dengan pengalaman belajar yang dialaminya. Untuk itu dalam pelaksanaan
penilaian kelas guru diharapkan menggunakan beragam jenis penilaian untuk
mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Sumber : PUSAT KURIKULUM BADAN PENELITAN DAN PENGEMBANGAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2006