Laman

Penilaian Tertulis


Penilaian Tertulis


a.   Pengertian
Penilaian secara tertulis dilakukan dengan tes tertulis. Penilaian jenis ini cenderung digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik berkaitan dengan konsep, prosedur, dan aturan-aturan. Tes Tertulis merupakan tes dimana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan. Dalam menjawab soal peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti memberi tanda, mewarnai, menggambar dan lain sebagainya.

b.   Teknik Penilaian
Ada dua bentuk soal  tes tertulis, yaitu:
a).        Soal dengan memilih jawaban  
·    pilihan ganda
·    dua pilihan (benar-salah, ya-tidak)
·    menjodohkan
b).        Soal dengan mensuplai-jawaban.  
·    isian singkat atau melengkapi
·    uraian terbatas 
·    uraian obyektif / non obyektif
·    uraian terstruktur / nonterstruktur .


Dari berbagai alat penilaian tertulis, tes memilih jawaban benar-salah, isian singkat, dan menjodohkan merupakan alat yang hanya menilai kemampuan berpikir rendah, yaitu kemampuan mengingat (pengetahuan). Tes pilihan ganda dapat digunakan untuk menilai kemampuan mengingat dan memahami. Pilihan ganda mempunyai kelemahan, yaitu peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya tetapi cenderung hanya memilih jawaban yang benar dan jika peserta didik tidak mengetahui jawaban yang benar, maka peserta didik akan cenderung menerka jawaban. Hal ini menimbulkan kecenderungan peserta didik tidak belajar untuk memahami pelajaran tetapi menghafalkan soal dan jawabannya. Selain itu pilihan ganda kurang mampu memberikan informasi yang cukup untuk dijadikan umpan balik guna mendiagnosis atau memodifikasi pengalaman belajar. Karena itu kurang dianjurkan pemakaiannya dalam penilaian kelas.

Tes tertulis bentuk uraian adalah alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang sudah dipelajari. Peserta didik mengemukakan atau mengekspresikan gagasan tersebut dalam bentuk uraian tertulis dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Alat ini dapat menilai berbagai jenis kompetensi, misalnya mengemukakan pendapat, berpikir logis, dan menyimpulkan. Kelemahan alat ini antara lain cakupan materi yang ditanyakan terbatas.

Dalam menyusun instrumen penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut.
1)      Materi, misalnya kesesuian soal dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian pada kurikulum tingkat satuan pendidikan;
2)      Konstruksi, misalnya rumusan soal atau pertanyaan harus jelas dan tegas.
3)      Bahasa, misalnya rumusan soal tidak menggunakan kata/ kalimat yang menimbulkan penafsiran ganda.
4)      Kaidah penulisan , harus berpedoman pada kaidah penulisan soal yang baku dari berbagai bentuk soal penilaian .

I.    Bentuk Piliahan Ganda
Berilah tanda silang pada huruf di depan jawaban yang paling tepat ! Skor : Setiap jawaban benar diberi nilai 1 .
1.      Yang termasuk alat ukur tidak baku yaitu ….
a. meter                 b.centimeter                            c.jengkal
2.      Yang termasuk alat ukur baku ialah ….
a. cm                      b. depa                                    c.langkah kaki
3.   dst....

II. Bentuk Isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat ! Skor :Setiap jawaban benar diberi nilai 2.
1.      Satuan panjang Centimeter dan Meter adalah contoh alat ukur .......
2.      Satuan panjang langkah kaki , depa dan jengkal termasuk alat ukur ….
3.      Karena  menggunakan alat ukur tidak baku , maka hasil pengukurannya ….
4.   dst.....

Penilaian:
Nilai = Banyak jawaban benar
                                                     x 100
          Banyak soal

Contoh Penilaian Tertulis
I.    Isilah titik – titik pada soal di bawah ini dengan jawaban singkat dan tepat !
1.      Pengaruh positif globalisasi di bidang komunikasi di lingkugan masyarakat misalnya ….
2.      Kecenderungan masyarakat menyukai jenis musik jaz termasuk pengaruh negatif globalisasi bidang ….
3.      Terhadap kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia sikap kita seharusnya ….
4.   dst.....

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini !
1.      Jelaskan  yang dimaksud dengan istilah globalisasi !
2.      Berikan tanggapan dan alasan terhadap  pernyataan di bawah ini ?
a.       Dengan globalisasi kitta semakin mudah menikmati siaran televisi luar negeri .
b.      Karena pengaruh globalisasi masyarakat cenderung bersikap konsumtif .
3.   dst.....

Penilaian:
Nilai = Banyak jawaban benar
                                                     x 100
          Banyak soal

A. Penilaian penguasaan konsep
I.    Jawablah dengan singkat dan jelas
1.      Urutkan gambar-gambar berikut ini yang menunjukkan pertumbuhan insekta dengan cara memberi nomor di bawahnya.
a.   Kupu-kupu
Gbr.  Daun dan telur kupu-kupu

Gbr.  Kupu-kupu hinggap di bunga

Gbr.  kepompong

Gbr.  ulat memakan daun      
      
b. Kecoa
Gbr. Kecoa kecil             
Gbr. Telur kecoa                
Gbr. Kecoa dewasa        

2.      Pada tahap apa dalam daur hidup nyamuk hidup di air?
3.      Berapa hari perubahan dari telur menjadi kupu-kupu?
4.      Berapa hari dari ulat berubah menjadi kepompong dan kepompong menjadi kupu-kupu?
5.      Apakah semua hewan mengalami tahapan daur hidup yang sama?
6.      Berilah keterangan pada daur hidup nyamuk berikut ini.
                                                   Gbr. Jentik-jentik

                                        Gbr.telur nyamuk                  Gbr. Kepompong

                                                   Gbr. Nyamuk


II. Silangilah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat.
1.   Daur hidup nyamuk memerlukan  …   tahap.
a. satu                                c. tiga
b. dua                                 d. empat
2.   Daur hidup kupu-kupu  memerlukan  …    tahap.
a. satu                                c. tiga
b. dua                                 d. empat
3.   Setelah telur kupu-kupu menetas kemudian berubah menjadi …
a. kupu-kupu                       b. kepompong
c. ulat                                 d. jentik-jentik
4.   Perubahan bentuk pada hewan menunjukkan adanya …
 a. pertumbuhan                   b. perkembangbiakan
 c. aktivitas     hewan           d. persamaan hewan

Penilaian:
Nilai = Banyak jawaban benar
                                                     x 100
          Banyak soal

Sumber :

MODEL PENILAIAN KELAS SD/MI/SDLB
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL
PUSAT KURIKULUM