Penilaian
Proyek
a.
Pengertian
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap
suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas
tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data,
pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.
Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui
pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan
menginformasikan sesuatu secara jelas.
Dalam penilaian proyek setidaknya ada 3 (tiga) hal
yang perlu dipertimbangkan yaitu:
1)
Kemampuan pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan
mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
2)
Relevansi
Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap
pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam pembelajaran.
3)
Keaslian
Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya,
dengan mempertimbangkan kontribusi pendidik berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta
didik.
b.
Teknik Penilaian Proyek
Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan,
proses pengerjaan, sampai hasil akhir proyek. Untuk itu, pendidik perlu
menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyusunan disain,
pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan tertulis. Laporan tugas
atau hasil penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan
penilaian dapat menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun skala
penilaian.
Beberapa contoh kegiatan peserta didik dalam penilaian
proyek:
Tugas : lakukan
penelitian sederhana tentang kandungan
yudium dalam garam yang beredar di masyarakat .
Contoh Penilaian
Proyek:
Penilaian Kinerja ilmiah
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
|
B
|
C
|
K
|
|
|
Keterampilan
1. merencanakan penelitian
|
|
|
|
|
2. aktivitas pengamatan
|
|
|
|
|
3. menggambar hasil pengamatan
|
|
|
|
|
4. pembuatan catatan hasil pengamatan
|
|
|
|
|
5. pelaporan
|
|
|
|
|
Sikap
|
|
|
|
|
1. mampu bekerjasama
|
|
|
|
|
2. sistematis dalam mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
3. mengerjakan tugas dengan serius
|
|
|
|
Keterangan:
B: skor 5;
C: skor 3;
K: skor 1
Contoh Penilaian
Proyek ( Aspek Kinerja Ilmiah ).
|
Unsur Yang Dinilai
|
Skor
|
||
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
|
|
Ketrampilan :
1. Merencanakan
penelitian/pengamatan (menyiapkan
perlengkapan , alat dab bahan)
|
|
|
|
|
2. Aktifitas pelaksanaan pengamatan.
|
|
|
|
|
3. Membuat laporan sementara
(konsep) hasil pengamatan
|
|
|
|
|
4. Menyusun hasil pengamatan dan
menerima masukan perbaikan.
|
|
|
|
|
5. Memperbaiki laporan setelah
menerima masukan.
|
|
|
|
|
Sikap :
|
|
|
|
|
1. Kemampuan bekerja sama dalam
kelompok
|
|
|
|
|
2. Sistematis dalam mengerjakan
tugas kelompok
|
|
|
|
|
3. Tanggungjawab dalam menjalankan
tugas (keseriusan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Baik : 5
, Sedang : 3
Kurang : 1 .
Contoh Penilaian Proyek
Contoh Pemetaan Penilaian
Kelompok Mata Pelajaran :
Matematika/SD
Kelas/Semester :
V/1
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
KK
|
Aspek
|
Tehnik Penilaian
|
||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|||||
|
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok.
|
Menggunakan volume kubus dan balok untuk menyelesaiakan masalah.
|
70%
|
Penalaran dan
komunikasi
|
√
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
1.
TES
2.
PERFORMENCE
3.
PRODUK
4.
PROYEK
5.
PORTOPOLIO
6.
PENILAIAN DIRI
Mata Pelajaran : Matematika.
Nama Proyek : Masalah yang berkaitan dengan volume kubus
dan balok.
Alokasi Waktu : Satu bulan
Aspek :
Penalaran dan komunikasi.
Nama Siswa : …………………… Kelas/semester : V/1
|
No
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
|
1
|
Perencanaan:
a.
Persiapan
b.
Rumusan
Judul
|
|
|
2
|
Pelaksanaan:
a.
Sistematika
Penulisan
b.
Keakuratan
Sumber Data/Informasi
c.
Kuantitas Sumber Data
d.
Analisis Data
e.
Penarikan Kesimpulan
|
|
|
3
|
Laporan Proyek
a.
Performance
b.
Presentasi / Penguasaan
|
|
|
|
Total Skor
|
|
Contoh Soal
Carilah benda berbentuk bangun ruang sederhana
yang ada di sekitar rumahmu, misal benda itu berbentuk kubus, balok, limas,
atau prisma.
Selanjutnya hitunglah berapa banyaknya air
yang dapat dimasukkan ke dalam benda ruang tersebut.
Rubrik Penskoran
|
Level
|
Deskripsi
|
|
4
(superior)
|
·
Membuat
perencanaan yang di dalamnya memuat langkah-langkah dalam persiapan, tempat
pengambilan data, rumusan judul baik dan menarik.
·
Sistematikanya baik, sumber data akurat dan
memadai.
·
Membuat
daftar hasil pengukuran.
·
Melakukan
perhitungan, hasil yang diperoleh benar, dan membuat kesimpulan.
·
Performance
hasil pekerjaannya bersih, rapi.
|
|
|
·
|
|
3
(memuaskan)
|
·
Membuat
perencanaan yang di dalamnya memuat langkah-langkah dalam persiapan, tempat
pengambilan data, rumusan judul baik dan menarik.
·
Sistematikanya baik, sumber data akurat dan
memadai.
·
Membuat
daftar hasil pengukuran.
·
Melakukan
perhitungan, hasil yang diperoleh benar, dan membuat kesimpulan.
·
Performance
hasil pekerjaannya kotor dan tidak rapi.
|
|
2
(cukup memuaskan)
|
·
Membuat
perencanaan yang di dalamnya memuat langkah-langkah dalam persiapan, tempat
pengambilan data, rumusan judul baik dan menarik.
·
Sistematikanya baik, sumber data akurat dan
memadai.
·
Membuat
daftar hasil pengukuran.
·
Melakukan
perhitungan, hasil yang diperoleh benar, dan tidak membuat kesimpulan.
·
Performance
hasil pekerjaannya kotor dan tidak rapi.
|
|
1
(cukup)
|
·
Membuat
perencanaan yang di dalamnya memuat langkah-langkah dalam persiapan, tempat
pengambilan data, rumusan judul baik tetapi tidak menarik.
·
Sistematikanya kurang baik, sumber data akurat dan
memadai.
·
Membuat
daftar hasil pengukuran.
·
Melakukan
perhitungan, hasil yang diperoleh benar, dan tidak membuat kesimpulan.
·
Performance
hasil pekerjaannya kotor dan tidak rapi.
|
Sumber :
MODEL PENILAIAN KELAS SD/MI/SDLB
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PENDIDIKAN NASIONAL
PUSAT KURIKULUM