Laman

Penilaian Proyek


Penilaian Proyek


a.                   Pengertian

Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.

Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan sesuatu secara jelas.
Dalam penilaian proyek setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu dipertimbangkan yaitu:

1)                  Kemampuan pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
2)                  Relevansi
Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam pembelajaran.
3)                  Keaslian
Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi pendidik berupa  petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik.

b.                  Teknik  Penilaian Proyek

Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, sampai hasil akhir proyek. Untuk itu, pendidik perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan tertulis. Laporan tugas atau hasil penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan penilaian dapat menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun skala penilaian.

Beberapa contoh kegiatan peserta didik dalam penilaian proyek:
Tugas :             lakukan penelitian sederhana  tentang kandungan yudium dalam garam yang beredar di masyarakat .

Contoh Penilaian Proyek:
Penilaian Kinerja ilmiah
Aspek yang dinilai
Skor
B
C
K
Keterampilan
1.             merencanakan penelitian



2.             aktivitas pengamatan



3.             menggambar hasil pengamatan



4.             pembuatan catatan hasil pengamatan



5.             pelaporan



Sikap



1.             mampu bekerjasama



2.             sistematis dalam mengerjakan tugas



3.             mengerjakan tugas dengan serius



Keterangan:
B: skor 5;
C: skor 3;
K: skor 1

Contoh Penilaian Proyek ( Aspek Kinerja Ilmiah  ).
Unsur Yang Dinilai
Skor
Baik
Sedang
Kurang
Ketrampilan :
1.             Merencanakan penelitian/pengamatan  (menyiapkan perlengkapan , alat dab bahan)



2.             Aktifitas pelaksanaan pengamatan.



3.             Membuat laporan sementara (konsep) hasil pengamatan



4.             Menyusun hasil pengamatan dan menerima masukan perbaikan.



5.             Memperbaiki laporan setelah menerima masukan.



Sikap :



1.             Kemampuan bekerja sama dalam kelompok



2.             Sistematis dalam mengerjakan tugas kelompok



3.             Tanggungjawab dalam menjalankan tugas (keseriusan)







Keterangan:
Baik : 5   , Sedang  :  3     Kurang   : 1 .
Contoh Penilaian Proyek

Contoh Pemetaan Penilaian

Kelompok Mata Pelajaran                         : Matematika/SD
Kelas/Semester             : V/1



Standar Kompetensi



Kompetensi Dasar



Indikator



KK



Aspek
Tehnik Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok.

Menggunakan volume kubus dan balok untuk menyelesaiakan masalah.

70%



Penalaran dan komunikasi






-





-





-











-





-






1.       TES
2.       PERFORMENCE
3.       PRODUK
4.       PROYEK
5.       PORTOPOLIO
6.       PENILAIAN DIRI


Mata Pelajaran                        : Matematika.
Nama Proyek                          : Masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok.
Alokasi Waktu                        : Satu bulan
Aspek                                      : Penalaran dan komunikasi.

Nama Siswa                            : ……………………              Kelas/semester : V/1

No
Aspek
Skor (1 – 5)
1
Perencanaan:
a.                   Persiapan
b.                  Rumusan Judul

2
Pelaksanaan:
a.                   Sistematika Penulisan
b.                  Keakuratan Sumber Data/Informasi
c.                   Kuantitas Sumber Data
d.                  Analisis Data
e.                   Penarikan Kesimpulan

3
Laporan Proyek
a.                   Performance
b.                  Presentasi / Penguasaan


Total Skor


Contoh Soal
Carilah benda berbentuk bangun ruang sederhana yang ada di sekitar rumahmu, misal benda itu berbentuk kubus, balok, limas, atau prisma.
Selanjutnya hitunglah berapa banyaknya air yang dapat dimasukkan ke dalam benda ruang tersebut.

Rubrik Penskoran













Level
Deskripsi

4
(superior)
·                     Membuat perencanaan yang di dalamnya memuat langkah-langkah dalam persiapan, tempat pengambilan data, rumusan judul baik dan menarik.
·                     Sistematikanya baik, sumber data akurat dan memadai.
·                     Membuat daftar hasil pengukuran.
·                     Melakukan perhitungan, hasil yang diperoleh benar, dan membuat kesimpulan.
·                     Performance hasil pekerjaannya bersih, rapi.


·                      
3
(memuaskan)
·                     Membuat perencanaan yang di dalamnya memuat langkah-langkah dalam persiapan, tempat pengambilan data, rumusan judul baik dan menarik.
·                     Sistematikanya baik, sumber data akurat dan memadai.
·                     Membuat daftar hasil pengukuran.
·                     Melakukan perhitungan, hasil yang diperoleh benar, dan membuat kesimpulan.
·                     Performance hasil pekerjaannya kotor dan tidak rapi.

2
(cukup memuaskan)
·                     Membuat perencanaan yang di dalamnya memuat langkah-langkah dalam persiapan, tempat pengambilan data, rumusan judul baik dan menarik.
·                     Sistematikanya baik, sumber data akurat dan memadai.
·                     Membuat daftar hasil pengukuran.
·                     Melakukan perhitungan, hasil yang diperoleh benar, dan tidak membuat kesimpulan.
·                     Performance hasil pekerjaannya kotor dan tidak rapi.

1
(cukup)
·                     Membuat perencanaan yang di dalamnya memuat langkah-langkah dalam persiapan, tempat pengambilan data, rumusan judul baik tetapi tidak menarik.
·                     Sistematikanya kurang baik, sumber data akurat dan memadai.
·                     Membuat daftar hasil pengukuran.
·                     Melakukan perhitungan, hasil yang diperoleh benar, dan tidak membuat kesimpulan.
·                     Performance hasil pekerjaannya kotor dan tidak rapi.

 


Sumber :

MODEL PENILAIAN KELAS SD/MI/SDLB
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL
PUSAT KURIKULUM