Pengertian Metode


Pengertian Metode

              Dalam suatu proses belajar mengajar sudah tentu tidak dapat terlepas dari metode mengajar, karena setiap bentuk interaksi belajar mengajar yang dilaksanakan memerlukan teknik interaksi antara guru dengan muridnya. Metode mengajar adalah "sistem penggunaan teknik-teknik di dalam interaksi dan komunikasi antara guru dan murid dalam pelaksanaan program belajar mengajar sebagai proses pendidikan".[1]
Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa metode mengajar itu merupakan teknik-teknik interaksi belajar mengajar serta teknik komunikasi yang dilaksanakan oleh guru di dalam melaksanakan proses belajar mengajar, yang mengandung pengertian pula bahwa setiap metode yang diterapkan oleh guru itu mengandung dua unsur utama yaitu metode tersebut harus mampu mewujudkan pola komunikasi antara guru dengan murid.
Adapun pendapat lain menyatakan bahwa metode mengajar adalah "suatu cara yang harus dilalui untuk menyajikan bahan pengajaran agar tercapai tujuan pengajaran".[2]
Berdasarkan pendapat tersebut di atas maka dapat dipahami bahwa metode mengajar adalah suatu proses penerapan berbagai teknik penyajian bahan pelajaran yang dilalui oleh guru di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan arah pada tercapainya tujuan pengajaran.
Dengan demikian metode mengajar berkenaan dengan sistem penyampaian metode atau strategi penyampaian program belajar mengajar. Metode merupakan aspek yang sangat penting dan menentukan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, terutama dalam melaksanakan proses interaksi dan komunikasi antara guru dengan murid serta sumber belajar.


[1]Zakiah Daradjat, Kepribadian Guru, (Jakarta : Bulan Bintang, 1988), hlm. 47
[2]Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta : Kalam Mulia, 1994), hlm. l04.