Metode Tanya Jawab


Metode Tanya Jawab

           Metode tanyajawab adalah "metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat dua arah sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan peserta didik".[1] Guru bertanya peserta didik  menjawab, atau sebaliknya peserta didik  bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan peserta didik.
           Jadi jelaslah bahwa metode tanya jawab tersebut sangat penting diterapkan dalam proses belajar mengajar sebab akan mampu menumbuhkan keaktifan peserta didik  dalam belajar. Dengan berpegang pada teknik pengajuan pertanyaan sebagaimana diuraikan di muka, kegiatan membahas masalah melalui proses tanya jawab dapat mencerminkan keaktifan peserta didik  dalam belajar.
           Menerapkan metode tanya jawab dalam setiap proses belajar mengajar jelas sangat penting untuk menumbuhkan keaktifan belajar serta menumbuhkan sikap dinamis untuk mencapai tujuan belajar peserta didik.



[1]R. Ibrahim dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, (Jakarta  : Rineka Cipta, 1996), hlm. 106.