Laman

Prestasi Belajar


Prestasi Belajar

Dalam suatu proses belajar mengajar setiap guru ingin dan selalu berusaha agar anak didiknya memperoleh prestasi belajar yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu sebagai perwujudan keberhasilannya dalam mengikuti kegiatan sekolah.
Prestasi belajar merupakan lambang atau kemampuan seorang peserta didik  dalam menguasai materi pelajaran yang dipelajarinya di sekolah. Kemampuan itu merupakan perubahan yang lebih maju dari hal-hal yang mana sebelumnya tidak dikuasainya. Oleh sebab itu, prestasi belajar hanya di dapat sesudah peserta didik  menjalankan usaha belajar secara aktif dan dinamis.
Prestasi belajar adalah "hasil yang dicapai murid sesudah ia menjalankan usaha belajar".[1]
Pendapat lain menyatakan bahwa prestasi merupakan "bukti keberhasilan usaha yang dapat dicapai".[2]

Berdasarkan pendapat tersebut di atas dapat dipahami bahwa prestasi adalah suatu hasil usaha yang diperoleh seseorang atas usaha yang dilakukan, apabila dihubungkan dengan prestasi belajar, maka ada korelasinya dengan penguasaan, sikap dan keterampilan. Hal ini sejalan dengan pendapat yang menyatakan bahwa "apabila suatu proses belajar berjalan dengan efektif dan nyata-nyata berhasil, maka hasil itu merupakan penguasaan (bahan pelajaran) yang ditimbulkan oleh pemahaman atau pengertian atau oleh responsi yang masuk akal".[3]
Berdasarkan pada uraian di atas, maka yang dimaksud dengan prestasibelajar adalah penguasaan/hasil dari perbuatan yang berupa penguasaan terhadap elajaran yang diterimanya dalam bentuk sikap, keterampilan dan kecakapan yang dapat diwujudkan dalam bentuk angka atau huruf-huruf sebagai batasan untuk menentukan nilai tinggi rendahnya, baik buruknya prestasi yang dicapai.



[1]Soepartinah Pakasi, Anakdan Perkembangannya, (Jakarta  : Gramedia, 1990), hlm. 52
[2]Winkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, (Jakarta  : Gramedia, 1984), hlm.162.
[3]James I. Mursel, Pengajaran Berhasil, Penerjemah Simanjuntak, (Jakarta  : UI Press, 1982), hlm. 82.