KOMPETENSI DASAR KE DALAM INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR


MENJABARKAN KOMPETENSI DASAR KE DALAM INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR


Indikator merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar. Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, seperti: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan.

Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan oleh pendidik dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap peserta didik, keluasan dan kedalaman kompetensi dasar, dan daya dukung sekolah, misalnya kemampuan guru dan sarana atau perasarana penunjang. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator pencapaian hasil belajar. Indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang digunakan untuk melakukan penilaian.

Contoh:           Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar  menjadi Indikator.

1.         Mata pelajaran           : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas/Semester           : IV/1.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator*
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)

·                     Melempar bola ke berbagai arah
·                     Melempar bola ke sararan  
·                     Menangkap bola dengan dua tangan dari berbagai arah.
·                     Memukul bola dengan tongkat pemukul
·                     Menerapkan kerjasama team dalam permainan kasti.
·                     Menyebutkan manfaat permainan kasti terahadap kesehatan tubuh.

Indikator* : dikembangkan oleh pendidik satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .


2. Mata pelajaran       : IPS
    Kelas / Semester     : I / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator*
Memahami identi-
Tas diri dan kelu-
Arga , serta sikap
Saling menghormati dalam
Kemajemukan keluarga .

Mengidentifi -
kasi identitas diri, keluarga, dan
kerabat.

·                     Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya.
·                     Peserta didik dapat menyebutkan sebutan  anggota keluarga inti .
·                     Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti .
·                     Peserta didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga.


Indikator* : dikembangkan oleh pendidik satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .


Sumber :

MODEL PENILAIAN KELAS SD/MI/SDLB
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NASIONAL
PUSAT KURIKULUM