MENJABARKAN KOMPETENSI DASAR KE DALAM INDIKATOR
PENCAPAIAN HASIL BELAJAR
Indikator
merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang
berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar. Indikator
dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur,
seperti: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan
kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan.
Indikator
pencapaian hasil belajar dikembangkan oleh pendidik dengan memperhatikan
perkembangan dan kemampuan setiap peserta didik, keluasan dan kedalaman
kompetensi dasar, dan daya dukung sekolah, misalnya kemampuan guru dan sarana
atau perasarana penunjang. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi beberapa
indikator pencapaian hasil belajar. Indikator-indikator pencapaian hasil
belajar dari setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang digunakan untuk
melakukan penilaian.
1. Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IV/1.
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator*
|
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam
permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
Mempraktikkan gerak dasar dalam
permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta
nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)
|
·
Melempar
bola ke berbagai arah
·
Melempar
bola ke sararan
·
Menangkap
bola dengan dua tangan dari berbagai arah.
·
Memukul
bola dengan tongkat pemukul
·
Menerapkan
kerjasama team dalam permainan kasti.
·
Menyebutkan
manfaat permainan kasti terahadap kesehatan tubuh.
|
Indikator* : dikembangkan oleh pendidik
satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan
masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .
2. Mata pelajaran : IPS
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator*
|
Memahami identi-
Tas diri dan kelu-
Arga , serta sikap
Saling menghormati dalam
Kemajemukan keluarga .
|
Mengidentifi -
kasi identitas diri, keluarga, dan
kerabat.
|
·
Peserta
didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya.
·
Peserta
didik dapat menyebutkan sebutan
anggota keluarga inti .
·
Peserta
didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti .
·
Peserta
didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga.
|
Indikator* : dikembangkan oleh pendidik
satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan
masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .
Sumber :
MODEL PENILAIAN KELAS SD/MI/SDLB
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PENDIDIKAN NASIONAL
PUSAT KURIKULUM