Penilaian Produk
a. Pengertian
Penilaian produk adalah penilaian terhadap proses pembuatan dan kualitas suatu
produk. Penilaian produk meliputi
penilaian kemampuan peserta didik membuat produk-produk teknologi dan seni,
seperti: makanan, pakaian, hasil karya seni (patung, lukisan, gambar),
barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam.
Pengembangan produk meliputi 3 (tiga) tahap dan setiap
tahap perlu diadakan penilaian yaitu:
1)
Tahap persiapan,
meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dan merencanakan, menggali, dan
mengembangkan gagasan, dan mendesain produk.
2)
Tahap pembuatan
produk (proses), meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dalam menyeleksi
dan menggunakan bahan, alat, dan teknik.
3)
Tahap penilaian
produk (appraisal), meliputi: penilaian kualitaws produk yang dihasilkan
peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan.
b. Teknik
Penilaian Produk
Penilaian produk biasanya menggunakan cara holistik atau
analitik.
1)
Cara holistik,
yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, biasanya dilakukan pada tahap
appraisal.
2)
Cara analitik,
yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua
kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan.
CONTOH PEMETAAN PENILAIAN
Kelompok Mata Pelajaran : IPTEK/Matematika/SD
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kriteria
Ketuntasan
|
Aspek
|
Tehnik Penilaian
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|||||
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun.
|
6.3. Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana.
|
Menggambar jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas.
Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas.
|
70
65
|
Pemahaman Konsep
Pemecahan Masalah
|
√
-
|
-
-
|
-
-
|
-
√
|
-
-
|
-
-
|
-
-
|
1.
TES
2.
PERFORMENCE
3.
PRODUK
4.
PROYEK
5.
PORTOPOLIO
6.
PENILAIAN DIRI
Sumber :
MODEL PENILAIAN KELAS SD/MI/SDLB
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
PENDIDIKAN NASIONAL
PUSAT KURIKULUM